5 Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Dapur


Dapur bisa dikatakan salah satu area yang paling sering digunakan dan berpotensi menjadi sarang bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. Sekilas Anda merasa kondisi dapur sudah bersih setelah selesai memasak, tetapi bisa jadi kenyataannya tidak demikian. Untuk itu, perhatikan cara membersihkan dapur yang tepat berikut, yuk!

1.     Selalu cuci peralatan dapur setelah digunakan
Setelah selesai memasak, lebih bagus Anda tidak membiarkan peralatan yang sudah tidak digunakan lagi dibiarkan terlalu lama tanpa dicuci. Hal ini penting untuk menghindari bersarangnya kuman di permukaan peralatan tersebut.

2.     Ganti spon cuci piring berkala
Spon cuci piring yang berguna untuk mengangkat berbagai macam kotoran setiap harinya sangat rentan menjadi tempat perkembangan kuman. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus mengganti spons cuci piring setiap 2 minggu sekali atau jika sudah melihat adanya perubahan tekstur.

3.     Masak makanan hingga sepenuhnya matang
Anda harus tahu bahwa makanan yang tidak dimasak hingga matang beresiko menjadi sarana penularan penyakit. Karena berbagai mikroorganisme dapat tertinggal di daging, telur, hingga sayuran.

4.     Buang sampah secara rutin
Kondisi tempat sampah menjadi poin penting dalam menjaga kebersihan dapur. Usahakan menggunakan tempat sampah yang dilengkapi penutup. Selain mencegah bau, juga membantu mengurangi penyebaran penyakit.

5.     Bersihkan meja dan lantai dapur.
Kebersihan meja dan lantai merupakan bagian dari kebersihan dapur. Coba gunakan cairan pembersih dan lap untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan makanan di permukaan meja. Hal yang sama juga berlaku pada lantai dapur. Pastikan Anda rajin menyapu dan mengepel lantai agar kondisinya kembali bersih.

Itulah beberapa tips memelihara kebersihan dapur yang mesti Anda terapkan. Selain membuat peralatan dapur jadi awet, Anda sekeluarga jadi lebih sehat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica