5 Penyakit yang Mengintai Jika Malas Bergerak

Kebiasaan bermalas-malasan memiliki dampak banyak pada tubuh. Karena bagian otot, tulang dan persendian hanya diam pada waktu yang lama tanpa digunakan. Kabar buruknya, bagi Anda dengan gaya hidup santai dan malas bergerak lebih rentan mengalami penyakit.
Beberapa penyakit karena malas bergerak :

1. Susah BAB
Penyakit susah BAB muncul karena saat tubuh pasif, organ di dalam juga tidak menjadi aktif seperti usus dan organ pencernaan lainnya. Sehingga usus tidak bekerja secara optimal dan berujung pada munculnya konstipasi.

2. Gangguan Pernapasan
Sering merasa sesak tiba-tiba bisa juga terjadi karena malas bergerak. Penyebabnya diduga karena otot yang bertugas memompa udara ke paru-paru ikut terdampak dari rasa malas bergerak. Bisa disimpulkan juga, ketika tidak bergerak dan dilatih, otot akan melemah dan memicu munculnya sensasi kehabisan napas.

3. Nyeri Lutut
Persendian akan itu terpengaruh karena jarang bergerak. Sendi akan sering mengunci karena tidak ada dorongan dari tubuh untuk mengharuskannya bergerak.

4. Obesitas
Obesitas termasuk salah satu penyakit yang mengintai karena malas bergerak. Hal ini terjadi karena sedikitnya jumlah kalori dalam tubuh yang terbakar dari aktifnya tubuh bergerak.
 
5. Kulit Kusam
Selain berdampak buruk pada fisik dan mental, malas bergerak juga bisa membuat kulit kusam dan kehilangan cahayanya. Penyebabnya diduga karena adanya gangguan metabolisme dan imun yang muncul karena tubuh jarang bergerak.

Itulah beberapa penyakit yang bisa mengintai Anda karena malas bergerak. Memang hal ini sepele, tetapi jika jadi sebuah kebiasaan akan berdampak buruk pada tubuh. Paling tidak Anda membiasakan 30 menit berjalan sehari. Selamat mencoba!

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica