Kenali 4 Bumbu Dasar Sebagai Persiapan Masak di Ramadhan!

Memasuki bulan puasa, memasak jadi hal wajib ya, Simoms. Baik itu untuk sahur maupun buka puasa. Tetapi, sebelum itu udah pada tahu 4 macam bumbu dasar untuk membantu proses memasak jadi lebih praktis?

Ini dia 4 bumbu dasar yang wajib Simoms ketahui!

1. Bumbu Dasar Merah
Bumbu yang berfungsi untuk memberikan cita rasa pedas buat berbagai masakan seperti sambal goreng, nasi goreng atau tumisan. Bahan-bahannya mulai dari cabe merah besar atau keriting, bawah merah, bawang putih dan garam.

2. Bumbu Dasar Putih
Terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas dan garam. Bumbu ini memiliki rasa yang kuat, biasanya digunakan untuk hidangan soto, tumisan, gudeg, oseng-oseng ataupun opor.

3. Bumbu Dasar Kuning
Bumbu dengan basis kunyit, lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih dan garam ini menjadi bumbu penting untuk ungkep ayam. Juga bisa dimanfaatkan di masakan seperti kari ayam, pesmol, pepes dan soto.

4. Bumbu Dasar Orange
Memiliki khas aroma yang kuat, cocok digunakan dalam membuat kari, gulai, rendang dan tumisan. Bahan-bahannya pun lebih kompleks dari bumbu lain, yaitu cabe merah, bawang merah, bawang putiu, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, adas manis, jintan, kapulaga dan ketumbar.

Itulah 4 bahan dasar yang wajib Simoms punya di rumah. Jangan lupa setelah dihaluskan, simpan dalam wadah rapat dan taruh di lemari es.

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica