Perbedaan Garam Dapur dengan Garam Laut yang Wajib Diketahui!

Garam menjadi salah satu penyedap rasa paling penting agar makanan terasa lebih enak, baik itu makanan berat, kue hingga makanan ringan. Tetapi, apa Anda tahu bahwa garam terdapat beberapa jenis?

Di antaranya yaitu garam dapur dan garam laut. Walau keduanya memberikan rasa asin, tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup jelas antara garam tersebut. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut :

1. Proses Produksi

Garam dapur merupakan hasil dari penambangan dan melewati proses yang panjang. Lewat proses tersebut, garam dapur bisa disimpan untuk waktu yang lama dan biasanya ditambahkan unsur yodium ketika dipasarkan.

Sementara garam laut dibuat melalui proses evaporasi atau penguapan air laut. Sehingga, komponen yang terkandung di dalam garam laut tergantung dari jenis air yang digunakan

2. Tekstur Garam

Umumnya garam dapur bertekstur lebih halus karena melalui proses penggilingan. Sementara itu garam laut berukuran lebih besar seperti kristal yang tidak beraturan. Biasanya kekerasan garam laut ini pun ditentukan oleh kandungan mineral yang ada di dalamnya.

3. Kandungan

Garam dapur tidak hanya mengandung yodium, tetapi juga terdapat natrium klorida sekitar 97%. Selain itu juga ada zat anti-caking yang berfungsi mencegah penggumpalan garam.

Untuk garam laut juga memiliki natrium klorida alami, hanya saja kadarnya tergantung dari sumber dan proses produksinya.

4. Harga

Garam laut memiliki harga lebih besar dari garam dapur. Penyebabnya karena garam laut lebih murni dan alami. Walaupun begitu, perbedaan harganya tidak terlalu signifikan dengan garam dapur sehingga keduanya masih terjangkau.

Nah, Simom! Itulah beberapa perbedaan garam dapur dan garam laut yang biasanya Simoms gunakan ketika memasak. Kira-kira garam mana yang sering Simoms gunakan?

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica