Trik Memotong Bawang Merah Tanpa Menangis

Pernahkah Anda berpikir kenapa kita merasakan perih di mata ketika memotong bawang merah? Nah, Simoms yang gemar memasak pasti familiar dengan kebiasaan yang satu ini nih. Faktanya, mengiris bawang melepaskan enzim lachrymatory-factor synthase yang menghasilkan asam sulfenat dan membentuk syn-propanethial-S-oxide. Ketika syn-propanethial-S-oxide memasuki udara di sekitar hidung dan wajah Anda, senyawa tersebut akan menghidupkan refleks tangisan air mata!

Jadi, apa bisa memotong bawang tanpa menangis dan membuat mata pedih? Tentu bisa! Ini dia triknya. :D

1. Potong bawang di dalam air
Ini akan mencegah senyawa sulfat untuk mencapai mata Anda! Lakukan hal ini di wastafel dan potonglah bawang di bawah air dingin yang mengalir.

2. Oleskan jus lemon di pisau
Potong lemon menjadi dua lalu oleskan jus lemon pada mata pisau. Ulangi hal ini setiap kali memotong bawang. It truly works!

3. Bekukan bawang
Diamkan bawang selama 15 menit di dalam freezer. Ini akan mengurangi tingkat iritasi saat memotong.

Itu dia beberapa cara supaya Anda tidak kesakitan lagi saat mengiris bawang! Trik mana saja yang sudah pernah Anda coba, Simoms? :)

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica