Vegan dan Vegetarian, Apa Saja Perbedaanya?

Istilah 'vegan' dan 'vegetarian' pasti terdengar familiar bagi beberapa orang. Hmm, tapi... Siapa di antara Simoms semua yang masih menganggap keduanya adalah hal yang serupa? Faktanya, meskipun vegan dan vegetarian memiliki kesamaan, yakni sama-sama menghindari makanan dan protein hewani, kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho. Penasaran apa saja perbedaanya? Scroll ke bawah untuk cari tahu yuk!

Menurut dr. Carla Pramudita Susanto dari hellosehat.com, vegetarian adalah seseoarang yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan namun masih mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, dan susu.

Vegan, di sisi lain, merupakan salah satu tipe vegetarian tetapi lebih ketat dalam batasan jenis makanan yang boleh dikonsumsi. Orang vegan menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk makanan, kosmetik, dan lainnya. Berbeda dengan vegetarian, mereka juga menghindari olahan hewan.

Menjadi vegetarian dan vegan dianggap lebih sehat dan dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, di antara lain:
- Mencegah penyakit stroke
- Mengontrol gula darah
- Mengurangi stres
- Menurunkan kadar kolesterol
- Memperlancar aliran darah

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Simoms semua! Jika Anda berencana untuk menjadi vegetarian atau vegan, jangan lupa untuk konsul terlebih dahulu dengan dokter gizi Anda yaaa. Stay healthy. :D

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Established for over 40 years, offers a wide range of kitchen utensils for your everyday needs. Using Prime Grade Stainless Steel ensures our products have maximum corrosion resistance and longlasting lifespan. 

Tanica